Siapa penemu komputer ?

Posted: 23 September 2011 in BACA - BACA ARTIKEL AZ-ZAHRA CIREBON

Charles Babbage, 1822. Mengemukakan ide untuk membuat sebuah alat yang membantu manusia untuk penghitungan yang rumit.

Dr. John V Atanasoff dan Clifford Berry, 193.  Mendesain ABC (Atanasoff-Berry Computer) komputer digital elektronis pertama yang fungsinya hanya dapat menghitung tambah dan kurang.

Alan Turing, 1943. Mendesain komputer elektronik khusus untuk tentara Inggris. Digunakan untuk menembus kode pertahanan Jerman.

Howard Hathaway Aiken, 1944.  Membuat Mark I. Sebuah komputer hitung digital pertama yang dibuat. Memiliki luas 7,45 kaki x 50 kaki, dengan berat 35 ton. Mark I dapat digunakan untuk menghitung probabilitas.

Dr. John von Neumann, 1945. Menulis konsep penyimpanan data. Saat itu masih berupa ide.

Dr. John W. Mauchly dan J. Presper Eckert, jr. 1946. Menyelesaikan komputer skala besar yang pertama, diberi nama ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer). Dunia mengetahui kedua orang ini sebagai PENEMU KOMPUTER. ENIAC berbobot 30 ton, terdiri dari 18.000 lampu tabung (transistor ukuran besar), memiliki luas 30 kaki x 50 kaki, memakai tenaga 160.000 watt. Pertama kali komputer ini dinyalakan, seluruh jaringan listrik di Philadelphia mendadak mati. ENIAC tidak hanya dapat menghitung tambah kurang kali bagi, tapi juga dapat diprogram untuk melakukan proses sederhana. Dibanding Mark I yang hanya dapat menghitung, dapat dilihat bahwa ENIAC adalah KOMPUTER pertama di dunia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s